MATERI DIKLAT JURNALISTIK MAHASISWA TINGKAT DASAR

Senin, 18 April 2011

MANAJEMEN MEDIA

Kita mungkin sangat sering mendengar kata ‘manajemen’ namun jika seseorang ditanya mengenai apakah manajemen itu, maka jawabannya bisa sangat beragam. Hal ini tidak mengherankan karena tanggung jawab yang tercakup dalam manajemen bisa sangat beragam dan sekaligus kompleks.
 Kita akan melihat beberapa pengertian mengenai manajemen seperti yang di definisikan Wayne Mondy (1983)8 dan rekan memberikan definisi manajemen yang lebih menekankan pada faktor manusia dan materi sebagai berikut: the process of planning, organizing, influencing and controlling to accomplish organizational goals through the coordinated use of human and material resources. (proses perencanaan, pengorganisasian, mempengaruhi dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi melalui koordinasi penggunaan sumber daya manusia dan materi).
Orang sering beranggapan bahwa manajemen adalah segala hal yang terkait dengan orang-orang yang berada pada puncak organisasi atau pimpinan perusahaan.
Tingkatan Manajemen
Orang sering beranggapan bahwa manajemen adalah segala hal yang terkait dengan orang-orang yang berada pada puncak organisasi atau pimpinan perusahaan. Pada kenyataannya, setiap orang dengan kegiatan untuk mengarahkan tindakan dan upaya orang lain dalam mencapai suatu tujuan adalah manajer. Pada media dan juga perusahaan lainnya pada umumnya- posisi manajer biasanya terdiri atas tiga tingkatan (level) yaitu:
1.      Manajer tingkat bawah (lower level manager); manajer pada tingkat ini bertugas mengawasi secara dekat pekerjaan rutin karyawan yang berada di bawah naungannya.
2.       Manajer tingkat menengah (middle manager); bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan tertentu sebagai bagian dari proses untuk mencapai tujuan utama perusahaan.
3.      Manajer puncak (top manager); manajer yang mengkoordinasikan kegiatan perusahaan serta memberikan arahan dan petunjuk umum untuk mencapai tujuan perusahaan
Fungsi Manajemen
Pada media penyiaran, manajer umum (general manager) bertanggung jawab kepada pemilik dan pemegang saham dalam melaksanakan koordinasi sumber daya yang ada (manusia dan barang) sedemikian rupa sehingga tujuan media penyiaran bersangkutan dapat tercapai. Manajer umum pada dasarnya bertanggung jawab dalam setiap aspek operasional suatu stasiun penyiaran. Dalam melaksanakan tanggung jawab manajemennya, manajer umum melaksanakan empat fungsi dasar yaitu:
1.      Perencanaan (planning)
2.      Pengorganisasian (organizing)
3.      Pengarahan dan memberikan pengaruh (directing/influencing) serta
4.      Pengawasan (controlling). Kita akan membahas keempat fungsi manajemen ini satu per satu.
Media massa adalah media yang digunakan menyampaikan berita kepada publik secara terbuka dan serempak. Media massa yang sekarang ini dikenal adalah pers, radio, film, televisi dan internet.Semua media ini berbicara kepada masyarakat, tidak hanya dalam bentuk penyampaian informasi tetapi juga pembentukan opini dan karena itu selain sebagai sumber berita.
Aspek Media Massa (cetak) :
·         Keredaksian, news (berita), opinion (pendapat; tajuk, artikel, kolom, pojok, karkatur, dll); bertugas mengisi media dengan berita/pendapat yang menarik dan bermanfaat buat pembaca.
·         Usaha; pengelolaan media dalam bidang organisasi, kesekretariatan, personalia, keuangan, perpajakan, pemasaran, riset, percetakan, dll.
Ciri dan sifat media massa :
·         Publisitas : disebarkan kepada khalayak.
·         Universalitas : jenis pesan sifatnya umum.
·         Periodesitas : diterbitkan secara berkala.
·         Continueitas : berita yang disajikan berkesinambungan.
·         Akutabilitas : pesan dapat dipertanggung jawabkan.
Media massa juga mengandung unsur pendidikan, hiburan dan kampanye dalam arti yang seluas-luasnya. Karena itu, media massa perlu berpatokan pada kode etik media. Kita menyadari bahwa selain dampak yang sangat positif dan konstruktif dari media, ia juga mengandung bahaya negatif dan destruktif yang tidak ringan.
Trend Manajemen Media:
·         Trend manajemen media jaman sekarang di seluruh dunia adalah melakukan konsentrasi kepemilikan.
·         Daripada punya satu stasiun broadcast lebih baik punya beberapa, supaya profit makin besar.
·         Daripada outsource materi berita lebih baik memiliki kantor berita sendiri…supaya harga bisa ditekan.
·         Daripada kesulitan membuat kreatif program, lebih baik punya siaran relay saja bersama stasiun lain yang sudah punya program baru. Hal ini lebih irit dan tidak usah direpotkan mendapatkan berita.
Kepemilikan Media:
Dari Penguasa ke Pengusaha
·         “Media sebelum reformasi dikuasai pemerintah, media sesudah reformasi dikuasai pengusaha.”
·         Roda industri media di Indonesia tak pernah lepas dari kungkungan pihak berkuasa. Dulu pemerintah dan kroninya, sekarang pemilik modal dan kroninya.
Efisiensi dan Efektifitas
Trend media tersebut terjadi karena manajemen media mengedepankan semangat efesiensi dan efektifitas. Efesiensi dan efektifitas merupakan kata kunci untuk keberhasilan manajemen sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki guna mencapai tujuan secara maksimal.
·         Efektif menurut Peter F Drucker adalah “mengerjakan pekerjaan yang benar” (doing the right things), sedangkan efisien adalah “mengerjakan pekerjaan dengan benar” (doing things right)
Konsumen Media 
·         Konsumen cenderung bersikap: menikmati segala hasil efisiensi yang disajikan media saat ini.
·         Konsumen tidak perlu susah-susah mendapatkan media karena media yang mendekati konsumen.
·         Mendapatkan media tidak perlu harus membayar mahal, kalau perlu gratis, tanpa kehilangan nilai informasi dari media.
Prinsip Manajemen Media 
·         Prinsip manajemen media massa pada dasarnya tidak banyak berbeda dengan prinsip manajemen untuk bidang usaha pada umumnya.
·         Perbedaan prinsip lebih ditekankan pada bentuk dan sifat produk yang dipasarkan, termasuk pengaruh dari fungsi produk.
·         Prinsip manajemen media massa dapat dilihat dari bentuk kelembagaannya sebagai lembaga bisnis, hiburan, sosial budaya, politik, dan lainnya.
Kondisi Industri Media Cetak
·         Sekitar 70 persen dari 829 media cetak di seluruh Indonesia saat ini memiliki manajemen yang tidak sehat karena mengalami masalah keuangan.  (Anggota Dewan Pers, Abdullah Alamudi, Juni 2007)
·         "Masalah keuangan sangat mempengaruhi manajemen suatu media terutama dalam mendukung kelancaran operasional media tersebut 
·         kondisi media yang tidak sehat menyebabkan wartawan berkreasi sendiri agar bisa bertahan hidup sebagai jurnalis.
·         kreasi tersebut terkadang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik, seperti memeras pejabat melalui pemberitaan sehingga mencoreng nama baik korps wartawan (masyarakat pers).
Belanja Media Rendah
·         Belanja masyarakat Indonesia untuk media cetak saat ini masih sangat rendah.
·         Data yang dimiliki Serikat Penerbit Surat Kabar menunjukkan, masyarakat Indonesia lebih banyak membelanjakan uang untuk membeli rokok dibandingkan membeli media cetak.
·         Tahun 2003 ditemukan fakta bahwa spending untuk surat kabar Rp 4,9 triliun per tahun sementara spending untuk rokok Rp 150 triliun per tahun.
·         Hal tersebut menunjukkan, pemasaran yang dilakukan perusahaan rokok jauh lebih berhasil dibandingkan dengan perusahaan media massa.
Manajemen dan redaksi
·         Kemampuan memasarkan media cetak tidak terlepas dari kondisi manajemen media massa.(Leo Batubara, Februari 2007)
·         Banyak orang redaksi (wartawan senior yang profesional) mencoba membangun usaha media cetak sendiri tapi tidak punya ketrampilan dan keahlian manajemen.
·         Kemampuan manajemen berkorelasi dengan modal tetapi ketercukupan modal belum tentu dapat sukses mengelola media cetak, bila lemah dalam manajemen.
 Ada tiga alasan utama mengapa manajemen diperlukan:
1.      Untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.
2.      Untuk menjaga keseimbangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi.
3.      Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Suatu kerja organisasi dapat diukur dengan banyak cara yang berbeda; salah satu cara yang umum yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan patokan efisiensi dan efektivitas.

1 komentar: